Senin, 24 Mei 2010

alat rumah tangga yang memanfaatkan energi listrik

1.Kipas angin




Kipas angin listrik
Kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Kipas angin juga ditemukan di mesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan.
Kipas angin secara umum dibedakan atas kipas angin tradisional antara lain kipas angin tangan dan kipas angin listrik yang digerakkan menggunakan tenaga listrik.
Arus bolak - balik masuk menuju kipas angin. Dalam kipas angin terdapat suatu motor listrik, motor listrik tersebut mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Dalam sebuah motor listrik terdapat suatu kumparan besi pada bagian yang bergerak beserta sepasang pipih berbentuk magnet U pada bagian yang diam (Permanen). Ketika listrik mengalir pada lilitan kawat dalam kumparan besi, hal ini membuat kumparan besi menjadi sebuah magnet. Karena sifat magnet yang saling tolak menolak pada kedua kutubnya maka gaya tolak menolak magnet antara kumparan besi dan sepasang magnet tersebut membuat gaya berputar secara periodik pada kumparan besi tersebut. Oleh karena itu baling - baling kipas angin dikaitkan ke poros kumparan tersebut. Penambahan tegangan listrik pada kumparan besi dan menjadi gaya kemagnetan ditujukan untuk memperbesar hembusan angin pada kipas angin.
Untuk kipas angin sumber arus DC hal ini tidak berbeda pada kipas angin dengan sumber arus AC, hanya saja dalam kipas angin ini menggunakan kipas angin arus DC.



2.Generator listrik


Generator abad 20 awal
Generator listrik adalah sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanikal, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Proses ini dikenal sebagai pembangkit listrik. Walau generator dan motor punya banyak kesamaan, tapi motor adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal, tapi generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada di dalam kabel lilitannya. Hal ini bisa dianalogikan dengan sebuah pompa air, yang menciptakan aliran air tapi tidak menciptakan air di dalamnya. Sumber enegi mekanik bisa berupa resiprokat maupun turbin mesin uap, air yang jatuh melakui sebuah turbin maupun kincir air, mesin pembakaran dalam, turbin angin, engkol tangan, energi surya atau matahari, udara yang dimampatkan, atau apapun sumber energi mekanik yang lain.
Pengembangan
Sebelum hubungan antara magnet dan listrik ditemukan, generator menggunakan prinsip elektrostatik. Mesin Wimshurst menggunakan induksi elektrostatik atau "influence". Generator Van de Graaff menggunakan satu dari dua mekanisme:
• Penyaluran muatan dari elektroda voltase-tinggi
• Muatan yang dibuat oleh efek triboelectric menggunakan pemisahan dua insulator
Generator elektrostatik tidak efisien dan berguna hanya untuk eksperimen saintifik yang membutuhkan voltase tinggi.




Faraday


Cakram Faraday


Pada 1831-1832 Michael Faraday menemukan bahwa perbedaan potensial dihasilkan antara ujung-ujung konduktor listrik yang bergerak tegak lurus terhadap medan magnet. Dia membuat generator elektromagnetik pertama berdasarkan efek ini, menggunakan cakram tembaga yang berputar antara kutub magnet tapal kuda. Proses ini menghasilkan arus searah yang kecil. Desain alat yang dijuluki ‘cakram Faraday’ itu tidak efisien dikarenakan oleh aliran arus listrik yang arahnya berlawanan di bagian cakram yang tidak terkena pengaruh medan magnet. Arus yang diinduksi langsung di bawah magnet akan mengalir kembali ke bagian cakram di luar pengaruh medan magnet. Arus balik itu membatasi tenaga yang dialirkan ke kawat penghantar dan menginduksi panas yang dihasilkan cakram tembaga. Generator homopolar yang dikembangkan selanjutnya menyelesaikan permasalahan ini dengan menggunakan sejumlah magnet yang disusun mengelilingi tepi cakram untuk mempertahankan efek medan magnet yang stabil. Kelemahan yang lain adalah amat kecilnya tegangan listrik yang dihasilkan alat ini, dikarenakan jalur arus tunggal yang melalui fluks magnetik.





3.Dinamo
Dinamo adalah generator listrik pertama yang mampu mengantarkan tenaga untuk industri, dan masih merupakan generator terpenting yang digunakan pada abad 21. Dinamo menggunakan prinsip elektromagnetisme untuk mengubah putaran mekanik menjadi listrik arus bolak-balik.
Dinamo pertama berdasarkan prinsip Faraday dibuat pada 1832 oleh Hippolyte Pixii, seorang pembuat alat Prancis. Alat ini menggunakan magnet permanen yang diputar oleh sebuah "crank". Magnet yang berputar diletakaan sedemikian rupa sehingga kutub utara dan selatannya melewati sebongkah besi yang dibungkus dengan kawat. Pixii menemukan bahwa magnet yang berputar memproduksi sebuah pulsa arus di kawat setiap kali sebuah kutub melewati "coil". Lebih jauh lagi, kutub utara dan selatan magnet menginduksi arus di arah yang berlawanan. Dengan menambah sebuah komutator, Pixii dapat mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah.
Dinamo Gramme
Namun, kedua desain di atas menderita masalah yang sama: mereka menginduksi "spike" arus diikuti tanpa arus sama sekali. Antonio Pacinotti, seorang ilmuwan Italia, memperbaikinya dengan mengganti "coil" berputar dengan yang "toroidal", yang dia ciptakan dengan mebungkus cincin besi. Ini berarti bahwa sebagian dari "coil" terus melewati magnet, membuat arus menjadi lancar. Zénobe Gramme menciptakan kembali desain ini beberapa tahun kemudian ketika mendesain pembangkit listrik komersial untuk pertama kalinya, di Paris pada 1870-an. Desainnya sekarang dikenal dengan nama dinamo Gramme. Beberapa versi dan peningkatan lain telah dibuat, tetapi konsep dasar dari memutar loop kawat yang tak pernah habis tetap berada di hati semua dinamo modern.









4.Pengeras suara(speaker)
Pengeras suara Inggris loud speaker atau speaker saja) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.


Speaker untuk televisi
Membuat suara
Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.
Diafragma
Sebuah drivers memproduksi gelombang suara dengan menggetarkan cone yang fleksibel atau diafragma secara cepat. Cone tersebut biasanya terbuat dari kertas, plastik ataupun logam, yang berdempetan pada ujung yang lebih besar pada suspension. Suspension atau surround, merupakan ratusan material yang fleksibel yang menggerakkan cone, dan mengenai bingkai logam pada drivers, disebut basket.
Ujung panah pada cone berfungsi menghubungkan cone ke voice coil. Coil tersebut didempetkan pada basket oleh spider, yang merupakan sebuah cincin dari material yang fleksibel. Spider menahan coil pada posisinya sambil mendorongnya bergerak kembali dengan bebas dan begitu seterusnya.
Magnet
Proses spaker coil bergerak, kembali ke posisi semula dan seterusnya adalah sebagai berikut. Elektromagnet diposisikan pada suatu bidang magnet yang konstan yang diciptakan oleh sebuah magnet permanen. Kedua magnet tersebut, yaitu elektromagnet dan magnet permanen, berinteraksi satu sama lain seperti dua magnet yang berhubungan pada umumnya. Kutub positif pada elektromagnet tertarik oleh kutub negatif pada bidang magnet permanen dan kutub negatif pada elektromagnet ditolak oleh kutub negatif magnet permanen. Ketika orientasi kutub elektromagnet bertukar, bertukar pula arah dan gaya tarik-menariknya. Dengan cara seperti ini, arus bolak-balik secara konstan membalikkan dorongan magnet antara voice coil dan magnet permanen. Proses inilah yang mendorong coil kembali dan begitu seterusnya dengan cepat. Sewaktu coil bergerak, ia mendorong dan menarik speaker cone. Hal tersebut menggetarkan udara di depan speaker, membentuk gelombang suara. Sinyal audio elektrik juga dapat diinterpretasikan sebagai sebuah gelombang. Frekuensi dan amplitudo dari gelombang ini, yang merepresentasikan gelombang suara asli, mendikte tingkat dan jarak pergerakan voice coil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa frekuensi dan amplitudo dari gelombag suara diproduksi oleh diafragma.
Speaker tradisional memproduksi suara dengan cara mendorong dan menarik elektromagnet yang menyerang cone yang fleksibel. Walaupun drivers pada dasarnya memiliki konsep yang sama, namun ukuran dan kekuatan yang dimiliki berbeda-beda. Tipe-tipe dasar drivers antara lain : woofers, tweeters, dan midrange.
Woofers merupakan tipe drivers yang paling besar yang dirancang untuk menghasilkan suara dengan frekuensi rendah. Tweeters memiliki unit-unit yang lebih kecil dan dirancang untuk menghasilkan frekuensi paling tinggi. Sedangkan midrange, mampu menghasilan jarak frekuensi yang berada di tengah-tengah spektrum suara.
Untuk dapat membuat gelombang frekuansi yang lebih tinggi, diafragma drivers harus bergetar lebih cepat. Hal ini lebih sulit dilakukan dengan cone yang berukuran besar karena berarti, massa cone tersebut juga besar. Oleh sebab itu, sulit mendapatkan drivers yang kecil untuk dapat bergetar cukup lambat agar dapat menghasilkan suara dengan frekuensi sangat rendah.


Sistem crossover pada speaker elektronik
Pada prakteknya, speaker elektronik memerlukan pemisahan antara woofer dengan daerah lain secara elektronik, yaitu dengan cross over aktif. Dalam hal ini, terdapat beberapa sistem cross over, yaitu sistem dua jalur dan tiga jalur.sistem seri dan paralel.
Sistem dua jalur
Penggunaan speaker elektronik yang paling sederhana adalah sistem 2 jalur atau sistem bi-amp, yang bisa memberi hasil yang memuaskan. Keuntungannya adalah pengecilan distorsi TIM (transient intermodulation) dan bisa menyetel bass dan treble secara mandiri. Frekuensi peralihan dipilih 340 Hz (di atas frekuensi resonansi asli). Hal ini dirancang untuk penggunaan kotak speaker kecil. Bila anda menggunakan sub woofer untuk kanalbawah ini, dan harus diubah dibawah 100 Hz. Frekuensi resonansi untuk kotak lebih besar 20-40 Hz, kotak sedang 40-80 Hz, kotak kecil 80 Hz keatas.
Daya power amplifier B1 sebagai pengendali woofer dipilih sesuai kebutuhan kita. Daya woofer SP1 perlu dilebihkna dari daya amplifier, karena sistem umpan balik akan banyak menambah tenaga yang diberikan ke woofer. Untuk ruang biasa daya amplifier yang cocok 20-30 Watt. Hendaknya dipilih power amplifier yang cocok untuk penggunaan nada rendah dan mempunyai faktor damping besar. Speaker SP2 bisa menggunakan tweeter saja (tweeter dan super tweeter, mid range dan tweeter ataupun mid range dan super tweeter) dengan pemisahan konvrnsional menggunakan crossoveraktif, yang akan memberikan hasil memuaskan. Pilihan lain untuk sistem bi-amp adalah penggunaan speaker lengkap dalam kotak kecil sebagai SP2 dan sub woofer untuk kanal bawah yang terpisah.
Sistem tiga jalur
Sistem ini mirip dengan sistem 2 jalur, namun di sini nada tengah dipisahkan dengan band pass filter. Ada beberapa kemungkinan yang bisa diambil mengenai speaker-speaker. Pilihan pertama: SP1 woofer, SP2 mid range, SP3 tweeter. Pilihan kedua : SP1 sub woofer, SP2 mid range, SP3 super tweeter (frekuensi peralihan di bawah 100 Hz dan di atas 15 KHz). Pilihan ketiga : SP1 sub woofer, SP2 speaker lengkap (woofer, mid range, tweeter dengan cross over pasif), SP3 super tweeter. Persyaratan power amplifier sama dengan sistem 2 jalur. Penyetelan P3 dilakukan melalui pendengaran pada sistem yang sudah terpasang. Mula-mula dari sisi ground diputar perlahan sampai dengungan yang menyatakan adannya osilasi. Penyetelan optimum didapat dengan memutarnya mundur sedikit dari posisi mula-mula




5.Springald
Sebuah Springald adalah akhir abad ke-12 atau awal abad ke-13 artileri mekanis perangkat untuk melempar baut besar dan kurang umum atau Yunani batu api, berbasis di desain kontemporer dan panah ballista Yunani, tetapi dengan lengan ayun batin.
Contoh-contoh yang telah digambar oleh Leonardo da Vinci, tapi pada saat ia juga gambar gerak bubuk senjata. Tidak ada dikenal arkeologi menemukan bagian-bagian mesin tersebut tetapi kemungkinan besar karena sifat bahan yang digunakan maka kemungkinan bahwa beberapa bahan daur ulang terjadi pada saat kematian mereka.
Rekonstruksi
Beberapa contoh direkonstruksi dapat ditemukan, Jean Leibell menghasilkan 12 "model untuk penelitian ke dalam" Springalds dan Great busur "yang ditugaskan oleh Royal gudang senjata Museum dan model yang lebih besar dapat dilihat di Tower of London. Satu-satunya yang dikenal ukuran penuh contoh adalah gudang senjata di Royal Museum di Fort Nelson, Portsmouth di sekitar 8 kaki panjang dan mampu melemparkan sebuah 2.4Kg Bolt lebih dari 55 meter (lebih dari yang diharapkan jangkauan) dan baut 1.5K lebih 77 meter.
Ukuran
Meskipun Leibell menggambarkan ukuran mesin ini sebagai "Springald Besar", lebih cenderung menjadi ukuran standar. Jika bukti diselidiki, seperti ukuran angka-angka dalam "The Romance of Alexander" [1], di mana mereka berada pada ketinggian sekitar puncak tanduk, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka adalah kurcaci. Meskipun panjang baut akan dipecat mungkin sedikit pada sisi panjang.




6.Earphone
Earphone adalah sepasang pengeras suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga.Saat kita memakainya kita terhubung dengan frekuensi audio stereofonik, monofonik atau binaural (4573 nop). Sumber sinyalnya bisa berasal dari penguat suara, radio atau pemutar CD. Di dalam konteks telekomunikasi, istilah "headset" ini digunakan untuk merujuk kepada komunikasi dua arah seperti layaknya telepon. Di sini kita dapat merasakan hubungan timbal balik. Tidak hanya mengirim tetapi juga menerima.
Istilah earphone
Earphone adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga.
Kerap kali orang bingung membedakan earphones dengan headphone atau headset. Menurut beberapa ensoklopedi, headphones mempunyai arti demikian dua earphone yang memiliki bando yang dikenakan di kepala, sementara headset memiliki tiga makna yaitu:
• mikrofon
• pasangan dari headphone
• alat tambahan untuk menggunakan earphone dan pemancar di kepala.
Sejarah
Alat dengar telinga untuk telepon sebenarnya sudah ada sejak abad ke-20. Di tahun 1986, terdapat teknologi pengurangan gangguan suara dengan mengembangkan earphone untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan di first non-stop around-the-world flight.
Ketika itu, juga terkenal produksi ear canal earphones dengan active noise control untuk pertama kali. Setelah itu, hanya alat sensitive earphone satu-satunya cara untuk mendengar sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan.
Selama tahun 1990 dan 2000 earphones menjadi tipe yang paling digemari untuk alat musik pribadi. Dan tahun 1919,sensitive earphone ini digunakan umumnya untuk radio. Keadaannya belum sebagus sekarang. Gangguan/ noise masih banyak dan kualitas suaranya pun masih kasar/ mentah.
Dahulu ketika kita menggunakan radio, earphones harus disambungkan ke terminal baterai yang bertegangan volt tinggi dan terminal baterai di tanah. Penggunaan koneksi listriknya pun tidak nyaman bagi pengguna karena menggagetkan.

Penerapan
Earphone umumnya tidak mahal dan didukung sebagai alat yang praktis dibawa-bawa dan menyenangkan banyak orang, tetapi earphone tidak dilengkapi dengan isolasi karena tidak dapat mengirimkan tingkat dinamika yang sama sehingga earphone lebih sering digunakan di volume suara yang tinggi. Hal ini dapat pula meningkatkan risiko tinggi akan bahaya fungsi pendengaran.
Earphone juga merupakan komponen telepon nirkabel yang tidak menggunakan kabel. Bermanfaat untuk alat mendengar.
Earphone dapat digunakan untuk hiburan seperti CD, DVD player, home theater, video games, computer, dll. Juga digunakan di portable device seperti digital audio player/ mp3 player, handphone, dll.
Earphone juga digunakan untuk di stasiun-stasiun TV sebagai alat pengantar pesan dari direktur acara/ atasan ke presenter/ kru TV lainnya/ bawahan. Sehingga komunikasi tercapai tanpa didengar pihak-pihak lain. Bisa juga di studio rekaman dengan ruang kedap suara agar tidak ada noise lain yang terdengar.
Penggunaan
Keuntungan
Dengan adanya earphone, orang-orang lebih dapat mendengarkan suara secara bebas. Bisa dengan berapapun tingkat volumenya atau mendengarkan suara apa saja, kapan saja, dan dimana saja. Privacy masing-masing individu pun terjaga.
Keuntungan lainnya adalah kedap suara. Suara dari luar tidak masuk mengganggu dan demikian pula sebaliknya. Sound isolating earphone pun sangat berperan di sini selain dari privacy.
Kerugian
Terlalu sering menggunakan atau terlalu memaksa pemakaian akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran atau tuli. Apalagi biasanya earphone digunakan dengan diset sekeras-kerasnya untuk ‘melawan’ noise dari luar yang biasanya kita gunakan di tempat-tempat ramai/ bising. Ini sangat berisiko tinggi.
Ketulian sudah dapat menyerang orang semakin dini. Awal-awalnya telinga yang sering menggunakan earphone tidak terasa apa-apa tetapi ketika hendak mencabut earphone, telinga terasa panas dan berdengung hebat.
Itu terjadi akibat kelelahan koklea (rumah siput), yang berperan penting dalam proses pendengaran. Kelelahan koklea yang terjadi terus-menerus dan tak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pendengaran menetap.
Untuk orang dengan pendengaran normal, audiogram terletak antara nol dan 20 desibel. Di atas angka itu, artinya kondisi telinga sudah tidak beres.
Hanya dapat diobati dengan terapi hiperbalik (memberi obat-obatan khusus) agar tingkat ketuliannya berkurang, tapi tak sembuh. Sebab, yang rusak adalah sel rambut pada organ telinga bagian dalam yang berfungsi menangkap rangsangan atau frekuensi suara. Bila bagian ini sudah terganggu dan rusak, tak akan bisa kembali normal.
Badan Kesehatan Dunia (WHO), Sound Hearing 2030 juga sudah memprogram untuk mengurangi kasus gangguan pendengaran dan ketulian hingga 50 persen pada 2015, dan 90 persen dalam 15 tahun berikutnya. Masalah utamanya adalah gaya hidup yang salah seperti kebiasaan penggunaan earphone.
Selain itu, jangan menggunakannya saat menyetir atau di jalan raya yang berisik. Ini akan membuat pengguna tidak mendengar suara peringatan orang/ mobil lain, dll yang kemungkinan besar menyebabkan kecelakaan. Self-awareness menurun karena pengalihan konsentrasi kita dari lingkungan sekitar dan jalan ke suara dari earphones.
Keseimbangan badan pun bisa kacau karena tekanan udaranya mempengaruhi keseimbangan badan ketika kita menggunakan earphone di jalan atau sedang menyetir. Lebih baik kita rajin membersihkan telinga dari ear wax agar tidak infeksi,











7.Mikrofon
Sebuah mikrofon (bahasa sehari-hari disebut mic atau mikrofon (keduanya pengucapan / maɪk /)) adalah sebuah akustik-ke-listrik transduser atau sensor yang mengubah suara menjadi sinyal listrik. Pada tahun 1876, Emile Berliner menemukan mikrofon pertama digunakan sebagai pemancar suara telepon. Mikrofon yang digunakan dalam berbagai aplikasi seperti telepon, tape recorder, sistem karaoke, alat bantu dengar, film produksi, hidup dan rekaman audio engineering, FRS radio, megafon, dalam siaran radio dan televisi dan di komputer untuk merekam suara, pengenalan suara, VoIP , dan untuk tujuan non-akustik seperti ultrasonik memeriksa atau knock sensor.

mikrofon saat ini menggunakan induksi elektromagnetik (dinamis mikrofon), kapasitansi berubah (kondensor mikrofon, membayangkan kanan), piezoelektrik generasi, atau cahaya modulasi untuk menghasilkan sinyal dari getaran mekanis.


Varietas

Transduser yang sensitif elemen dari mikrofon disebut dengan elemen atau kapsul. Mikrofon lengkap juga termasuk perumahan, beberapa cara untuk membawa sinyal dari unsur peralatan lain, dan sering sebuah sirkuit elektronik untuk menyesuaikan output dari kapsul untuk peralatan yang digerakkan. Mikrofon yang dimaksud oleh prinsip transduser mereka, seperti kondensor, dinamis, dll, dan karakteristik arah mereka. Kadang-kadang karakteristik lain seperti ukuran diafragma, dimaksudkan orientasi penggunaan atau suara kepala sekolah input ke sumbu utama (end-atau sisi-alamat) dari mikrofon yang digunakan untuk menggambarkan mikrofon.
Kondensor

Dalam kondensor mikrofon, juga disebut kapasitor atau mikrofon elektrostatik, diafragma bertindak sebagai salah satu piring dari sebuah kapasitor, dan menghasilkan getaran perubahan dalam jarak antara pelat. Ada dua metode untuk penggalian audio output dari transduser sehingga terbentuk: DC-bias dan frekuensi radio (RF) atau frekuensi tinggi (HF) kondensor mikrofon. Dengan DC-bias mikrofon, piring-piring yang bias dengan biaya yang tetap (Q). Mempertahankan tegangan melintasi kapasitor perubahan piring dengan getaran di udara, sesuai dengan persamaan kapasitansi (C = Q / V), di mana Q = muatan dalam coulomb, C = kapasitansi dalam farads dan V = beda potensial dalam volt. Kapasitansi lempeng berbanding terbalik dengan jarak antara mereka selama-piring paralel kapasitor. (Lihat kapasitansi for details.) Majelis tetap dan bergerak lempeng disebut sebagai "elemen" atau "kapsul."

Sebuah muatan hampir konstan dipertahankan pada kapasitor. Sebagai perubahan kapasitansi, tuduhan melintasi kapasitor tidak berubah sangat sedikit, tetapi pada frekuensi terdengar masuk akal itu adalah konstan. Kapasitansi dari kapsul (sekitar 5-100 pF) dan nilai resistor bias (100 megohms kepada puluhan gigohms) membentuk filter yang highpass untuk sinyal audio, dan lowpass untuk tegangan bias. Perhatikan bahwa konstanta waktu dari rangkaian RC sama dengan produk dari resistensi dan kapasitansi.

Dalam kerangka waktu dari perubahan kapasitansi (sebanyak 50 ms pada 20 Hz sinyal audio), tuduhan praktis konstan dan tegangan pada kapasitor berubah seketika untuk mencerminkan perubahan kapasitansi. Tegangan kapasitor bervariasi di atas dan di bawah tegangan bias. Perbedaan tegangan antara bias dan kapasitor dilihat di resistor seri. Tegangan resistor diperkuat untuk performa atau merekam.
AKG C451B diafragma kecil mikrofon kondensor

RF kondensor mikrofon menggunakan tegangan RF relatif rendah, yang dihasilkan oleh suara rendah osilator. Osilator dapat berupa amplitudo dipengaruhi oleh perubahan kapasitansi yang dihasilkan oleh gelombang suara menggerakkan diafragma kapsul, atau kapsul dapat menjadi bagian dari sebuah rangkaian resonan yang memodulasi frekuensi sinyal osilator. Demodulation menghasilkan suara rendah sinyal frekuensi audio dengan impedansi sumber sangat rendah. Tidak adanya tegangan bias yang tinggi memungkinkan penggunaan diafragma dengan ketegangan lebih longgar, yang dapat digunakan untuk mencapai respons frekuensi yang lebih luas karena kepatuhan yang lebih tinggi. RF proses biasing menghasilkan listrik yang lebih rendah impedansi kapsul, produk sampingan yang berguna yang adalah mikrofon kondensor RF dapat dioperasikan dalam kondisi cuaca lembab yang dapat menimbulkan masalah di DC-bias permukaan isolasi mikrofon yang telah menjadi tercemar. The Sennheiser "MKH" serangkaian mikrofon menggunakan teknik biasing RF.

Kondensor mikrofon span kisaran dari pemancar telepon melalui mikrofon karaoke murah untuk rekaman kesetiaan tinggi mikrofon. Mereka umumnya menghasilkan audio berkualitas tinggi sinyal dan sekarang pilihan populer di laboratorium dan studio rekaman aplikasi. Kesesuaian yang melekat teknologi ini adalah karena massa yang sangat kecil yang harus digerakkan oleh kejadian gelombang suara, tidak seperti mikrofon jenis lain yang membutuhkan gelombang suara untuk melakukan lebih banyak pekerjaan. Mereka memerlukan sumber daya, yang disediakan baik melalui mikrofon output sebagai kekuatan siluman atau dari baterai kecil. Daya yang diperlukan untuk mendirikan pelat kapasitor tegangan, dan juga dibutuhkan untuk menyalakan mikrofon elektronik (impedansi konversi dalam kasus electret dan DC-terpolarisasi mikrofon, Demodulation atau deteksi dalam kasus RF / HF mikrofon). Kondensor mikrofon juga tersedia dengan dua diafragma, sinyal-sinyal dari listrik yang dapat dihubungkan misalnya untuk memberikan berbagai pola kutub (lihat di bawah), seperti cardioid, Omnidirectional dan angka delapan. Hal ini juga memungkinkan untuk mengubah pola lancar dengan beberapa mikrofon, misalnya Rode NT2000 atau CAD M179.




















8.Blender
Sebuah blender (kadang-kadang liquidiser di Inggris dan kadang-kadang vitamiser di Inggris Australia) adalah sebuah peralatan dapur yang digunakan untuk mencampur bahan atau pure makanan. Blender juga digunakan untuk membuat emulsi, seperti mayones, dan krim sup. Blender harus dibedakan dari kecepatan lebih rendah tangan bertenaga atau mixer listrik yang digunakan untuk mencampur aplikasi. Istilah ini biasanya merujuk pada stasioner, perangkat listrik tegak, tapi tangan memegang blender pencelupan telah menjadi umum dalam beberapa tahun terakhir. Blender juga digunakan dalam aplikasi laboratorium.

Wadah campuran dapat dibuat dari kaca, plastik, stainless steel, atau porselen, dan sering memiliki tanda lulus untuk perkiraan tujuan pengukuran. Di bagian atas wadah tutup untuk mencegah bahan-bahan dari keluar selama operasi. Di bawah adalah sebuah pisau perakitan, kadang-kadang dapat dilepas untuk membersihkan tujuan. Dalam kasus-kasus di mana mata pisau yang dapat dilepas, wadah harus memiliki o-ring atau paking antara tubuh wadah dan dasar untuk menutup wadah dan mencegah isi dari bocor. Campuran umumnya berbentuk wadah dengan cara yang mendorong materi untuk mengedarkan melalui pisau, dan bukan sekadar berputar-putar.

Wadah terletak pada basis yang berisi sebuah motor untuk mengubah pisau perakitan dan memiliki kontrol pada permukaannya. Blender paling modern menawarkan beberapa kemungkinan kecepatan. Blender bertenaga rendah membutuhkan beberapa cairan yang akan ditambahkan untuk blender untuk beroperasi dengan benar. Hal ini karena cairan digunakan untuk memindahkan padatan sekitar jar dan membawanya kontak dengan pisau sebagai "pusaran air" gerakan fluida membawa barang-barang dari atas ke bawah. Blender bertenaga tinggi mampu penggilingan padi-padian dan menghancurkan es tanpa bantuan semacam itu.

Dipegang tangan blender pencelupan tidak memiliki wadah sendiri, tetapi memiliki kepala pencampuran dengan mata pisau yang berputar yang dapat terbenam dalam sebuah wadah. Pencelupan blendors lebih nyaman digunakan untuk homogenisasi volume yang terlalu besar untuk muat dalam mangkuk blender yang stasioner atau, seperti dalam kasus sup, terlalu panas untuk secara aman dituangkan ke dalam mangkuk.

Beberapa fungsi blender telah diambil alih oleh prosesor makanan. Secara khusus, tebal campuran seperti mayones dan hummus yang nyaman dibuat dalam makanan prosesor.

Blender digunakan baik di dapur rumah dan komersial untuk berbagai tujuan, seperti untuk:

* Mix dan menghancurkan es di koktail seperti Zombie, Pina Colada dan beku margarita
* Crush es dan bahan-bahan lain dalam minuman non-alkohol seperti Frappucinos dan smoothie
* Emulsi campuran
* Membuat halus purées semi-bahan padat, seperti sayuran dan daging dimasak
* Mengurangi makanan padat kecil seperti rempah-rempah dan biji menjadi bubuk atau selai kacang
* Blender campuran dari bubuk, butir, dan / atau cairan saksama
* Bantuan larut padat menjadi cair

Blender juga memiliki berbagai aplikasi dalam ilmu mikrobiologi dan makanan. Selain makanan standar tipe blender, ada berbagai konfigurasi lain blender untuk laboratorium.
Pengembangan
Hal ini populer percaya bahwa Dr Oliver Johnson Schofield, seorang insinyur dan pengusaha Inggris, menemukan blender listrik pertama pada tahun 1921. [Sunting] Namun, Polandia-Amerika Stephen J. Poplawski, pemilik Electric Company Stevens, mulai merancang minum mixer pada tahun 1919 di bawah kontrak dengan Arnold Electric Company, [1] dan mixer minuman dipatenkan pada tahun 1922 yang telah dirancang untuk membuat malt Horlicks soda milk shake di air mancur. Dia juga memperkenalkan liquefier blender pada tahun 1922. [2] Stevens Electric dijual kepada Ostcr Pabrikan, sebuah produsen peralatan tukang cukur, pada tahun 1946. Oster diperdagangkan di liquefier blender di bawah merek dagang Osterizer. Oster dibeli oleh Sunbeam Produk pada 1960. [3]

Pada tahun 1935, Fred Osius menciptakan jenis lain blender. Dia mendekati Fred Waring, musisi yang populer yang dibiayai dan mempromosikan "Keajaiban Mixer", yang dikomersialisasikan pada tahun 1937 oleh Waring Products [4], sekarang bagian dari Conair. Waring mempopulerkan smoothie di tahun 1940-an. Waring lama menggunakan ejaan "blendor" untuk produknya.

Dengan meningkatnya popularitas smoothie, Frappucinos dan minuman beku lainnya disiapkan di depan pelanggan, model-model baru blender komersial sering termasuk suara-kandang dan komputerisasi mengurangi kontrol.

Blender khusus untuk membuat smoothie menjadi populer, terutama menyerupai model biasa dengan kran cepat ditambahkan untuk melayani. Beberapa model juga meliputi batang aduk gimballed dipasang di tutup, disusun sedemikian rupa sehingga dapat mengaduk campuran sedangkan mesin tidak berjalan dengan peluang menjatuhkan pengaduk pisau.






















9.Kompresor sekrup rotary
Sebuah kompresor sekrup putar gas yang menggunakan kompresor tipe rotari mekanisme perpindahan positif.
Operasi

Kompresor sekrup rotary menggunakan dua sekrup untuk menekan gas. Sekrup didorong melalui serangkaian sinkronisasi gigi. Gas masuk pada sisi isap dan bergerak melalui benang sebagai memutar sekrup. Clearance antara benang menurun dan menekan gas. Gas keluar pada akhir sekrup. [1] [2]

Efektivitas mekanisme ini tergantung pada pas dekat heliks clearance antara rotor dan penyegelan ruang untuk kompresi rongga.
[sunting] Ukuran

Kompresor sekrup rotary cenderung kompak dan mulus kerjanya dengan getaran terbatas dan dengan demikian tidak memerlukan suspensi musim semi. Banyak Kompresor sekrup rotary Namun, dipasang menggunakan mount mengisolasi getaran elastomer untuk menyerap getaran frekuensi tinggi, khususnya di rotary screw kompresor yang beroperasi pada kecepatan rotasi tinggi.
Aplikasi

Biasanya, mereka digunakan untuk memasok udara tekan untuk aplikasi industri umum. Trailer mount diesel powered unit sering terlihat di lokasi konstruksi, dan digunakan untuk dioperasikan udara kekuatan mesin konstruksi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar